Twenty Things about qL^^

Kemarin akhirnya buka blog lagi setelah hampir sebulan lebih hibernasi karena harus ujian departemen. Kemudian di readers list wordpress iseng mampir baca tulisan Fikeey dan kaget menemukan namaku dalam daftar tag, haha. Berhubung aku kemarin (23/4) ulang tahun, jadi aku bakal ikutan #20things ini dalam rangka merayakan ulang tahunku (biarin walaupun nggak nyambung :p). Here we go :

  1. Your real name?

Namaku Kiki. Dulu waktu jaman SMP, sering dipanggil Qiqi, karena kata temenku pakai huruf ‘k’ terlalu mainstream. Di rumah, aku dipanggil Lia and this will explain how I choose my pen-name.

  1. Your current pen-name? When do you start using your current pen-name?

qL^^ (read : qi-el, please, write it as it is with capital L and don’t forget the smiley icon to end it). Aku sudah pakai nama qL^^ dari pertama kali kenal wordpress, umm… sekitar 2011an kayaknya.

  1. Story behind your pen-name?

Apa perasaanku doang atau cerita dibalik nama pena ini memang erat kaitannya dengan kealayan? Hahaha. Jadi, aku pakai nama pena yang merupakan akronim dari nama panggilanku : Qiqi dan Lia, menjadi ql. Berhubunung ‘l’ kalau ditulis dengan huruf biasa bisa salah baca jadi ‘i’, akhirnya aku putuskan L-nya harus huruf besar. Akhirnya jadilah nama qL^^. Kenapa ada smiley di ujungnya? Karena aku pengen orang-orang yang membaca akan terhibur dengan tulisanku, meskipun itu genrenya angst, haha.

  1. Where to find you?

Kalian bisa kepo-in aku via twitter (qiqi_qiii) atau ask.fm (yang mana udah jarang aktif). Kalau di dunia wordpress, aku tentu saja ada di MSMFW (My Story, My Fiction World). Selain itu aku juga ada di DKFI dan Chanyeol Fanfict.

  1. Why do you write?

Alasan pertama, aku butuh pelarian dari kerasnya hidup (halah!) Iya, maksudnya kan kadang-kadang jenuh dengan dunia per-ko-as-an, jadi aku butuh pelampiasan emosi-emosi nonstabil dan nondokter yang cuma bisa aku tulis.

Kedua, aku percaya banget sama quotenya George R.R. Martin, yang “a reader lives thousand lives before he dies”. Nah, merujuk pada quote tersebut, sebenarnya yang aku suka dari nulis itu adalah aku bisa ngerasain menjadi tokoh yang berbeda-beda dengan kehidupan yang berbeda-beda pula. Aku senang ngerasain seolah-olah hidup sebagai Hyeki yang jadi adiknya Leeteuk, pacarnya Onew dan sahabatnya Taemin. Atau ngerasain serunya hidup seatap dengan Chanyeol, Jihyo, Jonghyun, Jinyi dan Joongki serta berayahkan Daddy Siwon yang super cool. Atau dilamar romantis a la Luhan. Atau ngerasain serunya jadi shadow hunter bareng Thomas Sangster. Atau ikut berpetualang bareng The Expendables dan Logan Lerman. Dan masih ada ratusan ide lain yang bisa ditulis hehe.

  1. Where do you usually get inspiration for your writing?

Mostly book or movies. Biasanya kalau dari buku, aku suka pinjem setting dan buat plotku sendiri. Sedangkan dari film, bisa digabung dengan ide dari buku atau menuliskan adegan film dalam kata-kata. Kadang-kadang juga bisa dari pengalaman pribadi, tulisan orang lain, mimpi (?) atau ide selintas.

  1. Genre you usually write?

Aku harus buka kategori blogku untuk menjawab ini. Ternyata aku paling banyak nulis romance, guys! Meskipun sebenarnya romance bukan menjadi genre dominan di tulisan itu. Genre berikutnya yang paling banyak aku tulis adalah friendship, disusul oleh angst, action/adventure dan hurt-comfort. Dua genre terakhir itu favoritku jadi memang sering aku tulis. Soal angst, tanya aja pendapat Fika soal ending tulisanku, haha.

  1. Genre you usually read?

Fantasy, sci-fi, mistery, action and adventure. Baik genre buku, FF, maupun filmku hampir semua berjenis ini, sebut saja Harry Potter, The Mortal Instruments, The Maze Runner, Sherlock Holmes, Eragon, The Giver, The Starters, Percy Jackson, Marvels, DC Comics, The Expendables, dll. Aku paling jarang baca romance, karena romance itu pilihannya cuma dua : menye-menye banget atau ‘berat’ banget, seperti seri Twilight yang nggak berhasil aku selesaikan.

  1. Current interest in writing?

Seperti yang sudah aku sebutkan di atas, kalau aku sedang suka menuliskan adegan film dalam kata-kata. Ternyata itu membantu banget loh kalau mau mempertajam deskripsi setting ataupun tampilan fisik tokoh. Selain itu, aku juga lagi banyak menulis slice-of-life yang sehari-hari tapi tetap berasa asik kalau jadi tulisan dan menulis FF dari buku, mulai mengeser agak ke Western.

  1. Your typical favorite fictional character?

Yang kayak Yoo Si-jin gitu deh, hahaha. Gak deng, bercanda.

Kalau cowok, aku suka karakter yang bisa diandalkan tapi masih tetap playful dan tanpa menunjukkan sikap dominannya ke si cewek. Too sweet isn’t really my taste. Mungkin kalau dikasih contoh kayak karakternya Simon Lewis di TMI. Kalau cewek, aku suka karakter yang pintar dan mandiri, maksudnya dia nggak bergantung dengan karakter lawan cowoknya. Semakin sassy, semakin fun dibaca. Mungkin contohnya kayak karakter Annabeth Chase di Percy Jackson. Basically, aku suka karakter yang true to themselves. Ya meskipun dia protagonis dan the choosen one dalam suatu cerita, bukan berarti dia tidak punya kekurangan kan?

  1. Name your own favorite fiction(s) and the reason why?

Yang paling aku suka dalam proses pengerjaannya adalah Home Sweet Home yang bercerita tentang kehidupan homeshare Bomi, Chanyeol, Jihyo, Joongki, Jonghyun dan Jinyi. Itu tulisan pertamaku yang memakai metode storyboard dan kuselesaikan dalam waktu yang cukup singkat. Tapi tulisannya udah aku tarik dari peredaran, jadi beruntunglah yang sempat membacanya hehe.

Yang paling aku suka dari segi plot adalah About Half. Sumpah, waktu itu aku baru selesai baca City of Heavenly Fire-nya TMI dan pengen banget bikin fiksi soal parabatai, lalu TADA! Jadilah FF ini dengan Thomas Sangster sebagai bonus, haha.

Satu lagi yang paling aku suka dari segi setting dan karakter adalah seri orific-ku yang paling pertama, dimulai dari Sepuluh Menit Genting. Bikinnya susah susah gampang, tapi aku memang pengen bisa bikin set di Indonesia.

Monggo, dibaca yaaa, hehehe

  1. It might sound narcistic, but what’s something special from your writing?

Hmm, honestly I don’t know. Mungkin kalau nulis aku selalu pakai kalimat yang sederhana jadi yang baca gak belibet, msekipun somehow aku juga ngerasa itu salah satu kekuranganku hahaha. Oh, mungkin kalian yang sering baca fiksiku bisa bantu jawab nomer yang ini di kolom komentar, hehe.

  1. Aspects you still feel lacking?

Wah, ini bahkan pertanyaannya aja udah merujuk ke plural. Aku berusaha jabarin sesingkat mungkin ya karena nulis kekuranganku kayaknya bisa jadi satu buku sendiri —iya, lebay sedikit, maaf.

Secara plot, kadang walaupun udah bikin storyboard tetap aja ada plot hole yang akhirnya harus aku edit lagi di sana dan di sini. Secara karakter, kalau ada karakter OC cewek biasanya aku selalu pakai profesi dokter. Ya itu, kekuranganku sedikit banyak masih memasukkan karakter aku yang asli ke dalam karakter si OC. Terus bikin karakter yang true to themselves dan konsisten (terutama dalam series) itu susaaaah pake banget. Secara setting dan genre, masih terbatas dalam zona nyaman yang biasa aku tulis. Secara konten kadang aku ngerasa nggak ada pesan moralnya, huhuhu . Belum lagi secara teknis, soal EYD, ambiguitas kalimat, dan lain-lain. Iya, Qi tahu, PR-nya banyak!

  1. Biggest challenge you’ve ever encountered when writing something?

Menulis berdasarkan prompt. Ugh, aku biasanya selalu dapat ide yang mepet dengan deadline. Bahkan setelah riset ke sana kemari pun, kadang aku masih nggak tahu bagian mana yang bagus untuk aku angkat sebagai tulisan.

  1. About your writing, what do you want to accomplish next?

Mau bikin buku! Tapi kali ini bukan FF, harus fiksi orisinal. Jadi, kalau ada yang mau nerbitin kumcer atau ngajak kolaborasi nulis bareng, ingat-ingat ya saya minta diajak, hehehe! (Agak gak tahu malu ini menawarkan diri :p)

  1. What is something you usually avoid when writing?

Menulis karakter yang mirip kayak sinetron Indonesia. Duh, bukannya aku nggak percaya kalau di dunia nyata ada orang dengan kepribadian super jahat kayak antagonis sinteron, tapi setidaknya pasti ada sisi baiknya meskipun sedikit kan? People at least have a little bit conscience, not true one-dimensional character.

  1. What is something you really want to improve from your writing?

Kualitas tulisan, secara teknis dan muatan. Basically membenahi PR yang super banyak di atas.

  1. Do you have other interest aside from writing? And reasons why?

Digital Editing! Skill-ku dengan PS dan photo editor lain adalah dalam skala rendah, tapi aku suka coba-coba dengan atau tanpa bantuan tutorial untuk mengasah kemampuan mengedit. Meskipun ya hasil posternya masih jauh dari rata-rata. Kenapa aku suka digital editing? Karena poster itu salah satu hal yang menarik pembaca.

  1. If you have ability to master one skill in one night, what skill will you choose?

Play music instruments. To be honest, I am not a music person and blind to any music note. Pengen banget bisa nge-cover lagu-lagu kesukaanku selama ini dengan memakai alat musik sendiri.

  1. Protips from you to whomever read this?

Kalau kamu ingin menulis, jangan ragu dan mulailah. Semua penulis pasti punya fase dimana tulisannya belum sebagus sekarang, bisa jadi dulu sifat alay bertebaran, haha (yang ngerasa ayo ngacung! Diri sendiri yang pertama ngacung!) Mulai dulu, baru kemudian belajar dan perbaiki. Kalau kamu punya penulis favorit, perhatikan gaya menulisnya, lalu kembangkan sesuai dengan gaya menulismu. Menulis itu butuh proses, terutama editing sampai siap terbit, jadi bersabarlah. Awal-awal mungkin tulisanmu belum dikenal, tapi kamu masih punya kesempatan dengan terus berusaha. Seperti tulisanku yang masih butiran debu ini yang akhirnya direview oleh Fika, Titis, Asa, Kak Put, Anin, dan lain-lain.

Capek juga ya menjawab 20 pertanyaan ini. Tapi berkat tantangan dari Fika ini, secara tidak langsung aku kayak evaluasi diri sendiri yang sebelumnya nggak pernah aku lakukan. Thanks, Fik!

Sebagai penutup, aku tag ya beberapa teman di DKFI dan ParkChanyeolFF, seperti Gecee, Niken Park, anin2505, Kim Soo Sang, dan narinputri. Ayo ayo, ikutan ya teman-teman. Do it for fun, seperti kata Fika dan jangan lupa tag aku. I’m dying to know your answer :p

Sampai jumpa di tulisan lainnya!

Advertisements

11 thoughts on “Twenty Things about qL^^

  1. Halo Qi! Aku lagi baca Twenty Things punya orang lain hahaha, soalnya lucu jadi tahu seluk beluk mereka. Kemudian, twenty things punya qL^^ muncul. Btw, selamat ulang tahun, ya. Wish you all the best, lancar studinya.
    Oh, jadi itu alasan dibalik pen-name kamu, aku kira kamu penggemar CL jadinya pen-name punya kamu qL (maaf ya pikiranku sempit banget) hahaha.
    Terus diakhir ada namaku, ugh iya lama sudah belum berkunjung ke blog kamu. Lain kali, bakal main lagi ke blog kamu. Dan soal keinginan kamu bikin buku, semoga segera tercapai. Semangat terus ya 🙂

    Like

    1. Tadinya aku mau ngetag Titis juga loh, eh tapi Titis udah lebih dulu ngerjain mini gamesnya hahaha
      Makasih ucapannya dan makasih juga semangatnya hehe ♡♡
      Iya aku juga udah lama ga main ke wp kamu, Tiis, lagi sama2 fokus ke akademik deh kita kayaknya. Makasih udah baca yaa tiis 🙂 🙂

      Like

  2. kikiiiii waaaa ada namakuuu hahahaha xD anw sebenernya thanks to kak putri yang udah ngegagas ide inii ehe. awalnya dari kakput terus kakput ngetag aku dan beberapa lainnya akhirnya banyak yang ikutan deeeh x) seneeeng akhirnya bisa jadi sedikit kepo satu sama lain ehehe. oiyaa what’s unique from your writing is … bisa nulis action dengan setting indonesia! that’s it. sepuluh menit genting dan lanjutannya tuh favoritkuuuu x) anw waaaah kamu med-stud! daebaaaak :’> tuh kan kalo ga ada games ini kan aku mana tauuu ahahaa xD anw semangat dan keep writiiiing yah kikiii :>

    Liked by 1 person

    1. Of course, there is hehe, kan fika yang ngetag. Iya, I think I should thank kak put too, jadi banyak tahu satu sama lain deh (actually aku belum baca yang 20things versi kak put hehe)
      Oohaha. Sykurlah ternyata itu bs jadi keunikan tulisanku wkwk. Hehe iyaa aku medstud, kalau fika apaa?
      Makasiih semangatnya ya fik 🙂 ♡

      Like

  3. Aloha kak Qi!!!!!! Nyehehehheeh lagi blogwalking tengah malem sebelom belajar nyeeeee~~~~~
    Gatau kenapa jadi gatel pengen komen waktu nama Annabeth sama Percy kesebut-sebut diatas. SOALNYA JADI KEINGET SI LEO VALDEZZ UHUUU CINTA BANGET SAMA DIA UUUUUUGHH
    Ooohhh kakak sekolah medical? Uwoooooghhhhhhh kereeen 👍👍👍 sukses yah studinya wkwkwkwk
    Aku belom ubrek2 tulisannya semua, tunggu nanti yak ehehehhe
    Semangat terus nulisnyaa!!!

    Like

    1. Semangaaat!! Udah mau SBMPTN bukan siih? Aku ngajar bimbel juga nyambi, jadi aku ikut ngerasain yg pada stress mau UN dan SBMPTN haha

      duh si reen pake capslock segala :p iyeee, itu si LEO mirip Chanyeol ga siih kalau dipikir-pikir, kekuatannya api wiiiii

      iya, aku medstud, lebih spesifik lagi dentistry. Doakan yaa, memasuki masa-masa akhir koas yang stres.

      Kamu juga semangat ujian dan nulisnyaa ❤

      Like

  4. KAK QIEL ANAK KEDOKTERAAAANNN???

    tentang pen name kakak, jujur emot smile nya itu bikin kesan cute.. beneran deh kak :3

    lalu menemukan nama Yoo Si Jin dan seketika mikir “oh kak kiel nonton dots juga” 😀

    udah bingung mau komen apa lagi…. intinya makasih udah tag gece juga ya kak hihihi 😀

    Like

    1. IYA Hahaha. Lebih tepatnya lagi anak FKG :3
      Hahaha iya yah, gpa2 lah menyamarkan usia yg sebenarnya dengan emot wkwkwk. DOTS hits banget di kampusku smpe2 temen2ku jadi KPOPers abis nonton itu :p
      Sama sama Gecee. Jangan bosen bosen kena tag aku lagi yaaa 🙂

      Like

      1. Fkg tuh gigi bukan sih kak? Ntar kapan2 klo aku sakit gigi ke kak qiel aja klo gtuu wkwkwkwke
        Menyamarkan usia sebenarnya yaaa… Ahahaha ciee yang udah tua /ditendang/ gapapa kok kak.. Biar keliatannya awet muda terus ya XD
        Sama kak.. Tmnku jg yg tadinya kurang suka sesuatu berbau koriyah2 gtu pas aku kasih dots lgsg jd menggila, lalu menyalahkan aku gara2 ketagihan nntn dia jadi ga belajar utk uas…
        Wakakaka woke kak.. Tag kakak selalu aku tunggu kok /peluk/

        Like

Your Review, Please....?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s